Experienced 찜질방 “Jjimjilbang”(Korean Sauna) For the first and ((maybe)) The Last!

October tahun lalu gue berhasil mewujudkan salah satu hasrat jalan-jalan gue buat ke Korea. Dan gue yakin banget ya kalian sebagai K-Drama Lovers kalau dapat kesempatan ke Korea itinerary-nya pasti nyontek dari drama Korea 😂😂

Begitupun gue……

Salah satu yang paling sering kita lihat dari K-Drama atau Variety show adalah scene di dalam 찜질방 “Jjimjilbang” atau Korean Sauna. Tau dong? Tau dong? Tau dong?😋😋😶😶
Tempat dimana kita biasa liat artis-artis kesayangan makan telur rebus dan sikhye atau minuman dari sari beras.

image

Apa yang kalian tau soal Jjimjilbang?
Pasti cuman sebatas bajunya seragaman, main games, tiduran-tiduran, make anduk yang dibentuk kayak helm alien 😂😂😂

image

Yang kita lihat di drama tuh kan cuma bagian mereka duduk-duduk didalam ruangan lega sambil bobok-bobok cantik atau makan telur.

Jadiiiii gini kronologisnya kalau kalian ke Korean sauna. Pertama-tama kalian harus daftar dulu di resepsionis mau berapa jam didalam saunanya (kalau gak salah bisa sampai 6 apa 9 jam maksimal) lupaa 😂😂
Abis daftar tuh kita nanti dikasih kunci loker buat naruh barang bawaan dan ganti baju. Daann jengjeennggg disinilah tragedi terjadi 😱😱 buat masuk ke ruangan sauna-nya tuh kita harus ngelewatin kolam mandi buat bersihin badan dan rileks tapiiiii kita harus buka baju dan totally naked :o:o:o
Ini beneran culture shock buat gue, bugil di depan umum itu gak umum buat gue sebagai gadis Indonesia yang polos 😶😶 sementara eonni-eonni dan ahjumma-ahjumma disana bolak balik topless cuek benerrr 😅😅😅
Terus karena kenyataan pahit ini gue sama teman-teman gue cuma bisa ngahuleng (red-bengong) di locker room.
Finally guide gue nanya ke mbak-mbak resepsionisnya bisa gak kalau kita masuk tapi gak lewat kolam mandi dan ternyata bisaaaa 😧😧 lewat jalur yang harusnya dipakai buat keluar 😂😂
Akhirnya masuklah kita kedalam dan langsung tampak ruangan luas dengan banyak karpet dan bantal kecil-kecil. Juga ada ruangan-ruangan iglo kecil untuk sauna nya. Macam-macam suhunya dari 40-75 derajat (maaf kalao salah lupa juga 😛)
Didalam iglo-iglo itu beda-beda materialnya ada yang dari tanah liat, batu bata, dll. Panasnya tergantung dari material itu. Buat gue paling enak didalam ruangan yang dari tanah liat. Panas tapi gak ngebakar kulit jadi enak banget. Setelah dari ruangan sauna itu kita dikasih tau suruh masuk ke freezing room (disuruh ahjumma-ahjumma yang jualan didalam sauna-nya) aneh banget si padahal abis panas langsung ke suhu drop minus gitu.

Didalamnya itu juga ada kursi pijat yang kayak ada di mol-mol gitu. Dioperasikannya pakai kunci loker yang tadi dikasih ke kita. Kan kita pikir itu gratis ya boleh dicoba kapan aja taunya bayar 😂😂 2500 won sekali masukin kunci. Gue nyobain 3x taunya pas mau pulang ada charge tambahan 😂😂😂 siaul!

Karena sering liat di drama dan variety show setiap kali orang Korea ke sauna pasti beli sikhye ya pastilah kita beli 😽😽 harganya lumayan murah cuma 1500 won per gelas. Terus karena telur rebus itu mainstream (disini juga banyak 😛) gue akhirnya beli jagung rebus (😂😂lah disini juga banyak) tapi yang gue rasain jagungnya beda teksturnya lebih kenyal dan rasanya kayak ketan masa 😽 serius deh..

image

Daannn disana juga banyak couple pada pacalan :evil::evil: dan kami kembali bapeerrr 😅😅

Itu aja sih cerita gue.. penting gak? Engga dong..
Yang pasti gue ga mau balik lagi 😂gak sanggup teteh buka-bukaan.. 😥😥😥
Kalian masih mau coba Jjimjilbang?

 

Leave a Reply

