Korea 1st Timer – Jalan-jalan ke Korea a la Botih (Day 2) —Gyeongbok Palace, Gwanghwamun Square, Cheonggyecheon Stream, Myeongdong, Itaewon, Namsan Seoul Tower—

October 15th, 2015

Didepan Gwanghwamun Gate

Didepan Gwanghwamun Gate

Hari kedua gw di Seoul. Pagi-pagi udah dingin banget dan karena trauma hari sebelumnya pas malam anginnya nusuk banget gw pakai baju berlapis-lapis hahahaha kulit tropis kena angin doang aja udah mules-mules :p.

Judul jalan hari ini sebenarnya adalah ambitious itinerary. Setelah baca ini nanti kalian tau kenapa ambitious wkwkwk. Rencana pertama hari ini gw mau ke Gyeongbok-gung atau Gyeongbok palace. Gw berangkat jam 10 pagi dari guesthouse karena mau liat upacara pergantian prajurit istana di gyeongbokgung.

Oke Gyeongbokgung ini istana paling besar dari semua istana utama yang ada di Korea. Gw turun di stasiun Gyeongbokgung line 3 exit 5 jalan dikit udah sampe di istananya. Didalem subway station-nya keren banget ada banyak dekorasi menarik. Ini deh salah satunya:

20151015_104007

20151015_104201

20151015_104056

Gak lama setelah gw sampe upacara pergantian prajurit dimulai. Gw cuma liat yang diluar, didalam sih katanya ada juga tapi gw gak liat.

DSCN0178

20151015_110149

Setelah upacaranya selesai kita boleh foto-foto sama prajurit yang tadi. Udah pasti gw juga foto wkwk.

DSCN0187

20151015_110820

Terus masuk kedalam istananya. Biayanya sekitar 3000 won buat dewasa dan anak-anak 1500 won. Tapi kalau kalian pake hanbok bisa gratis masuk kesini. Makanya jangan heran kalo didalamnya nanti banyak orang pake hanbok. Ini contohnya ketemu mbak-mbak bule dari Spain cantik banget pake hanbok. Dia bilang dia ke Korea karena adiknya nikah sama orang Korea dan pestanya minggu sebelumnya jadi sekarang dia sama keluarganya heboh piknik :D.

Mbak bule in hanbok, syantique *.*

Mbak bule in hanbok, syantique *.*

Baru masuk udah ter-uwaw uwaw sama kepadatan pengunjungnya hahaha rameee bangeeetttttt. Tempat ini beneran hot spot buat turis. Mau nyari spot oke buat foto aja susah bener.

20151015_112558

Heungryemun (Gate)

Heungryemun (Gate)

20151015_112630

Geunjeongjeon Ini kalo di drama-drama tempat Raja nya duduk terus menteri-menteri nya pada duduk baris didepannya itu loh.

Geunjeongjeon Ini kalo di drama-drama tempat Raja nya duduk terus menteri-menteri nya pada duduk baris didepannya itu loh.

Gyeonghoeru (Pavilion)

Gyeonghoeru (Pavilion)

Lagi enak ngadem depan Gyeonghoeru ini tiba-tiba kita diajakin foto sama sekumpulan anak sekolah Korea. Hari itu emang banyak banget anak sekolah disitu, mungkin lagi study tour kali yak :p. Terus dengan susah payah kita minta fotonya di bluetooth-in hahaha.

Mukanya kece-kece beud,, eh apa efek kamera? :p

Mukanya kece-kece beud,, eh apa efek kamera? :p

Intermezzo deh ini, pas didepan Gyeongbokgung mata elang gw gak sanggup pas liat ada Pak Polisi kece muahahaha alhasil gw ajakin foto. Oemji, gw gak bisa nahan diri guee,, neomu jalsaenggyessoyo *.*

20151015_111334

Abis puas foto-foto ama pak polisi eh foto-foto di Gyeongbok maksud gw :p kita langsung menuju Gwanghwamun square yang ada patung Raja Sejong itu loh. Kalo dari arah Gyeongbokgung tinggal jalan lurus nanti kita sampenya pas dibelakang patung raja Sejong. Nah, dibelakang patung Raja Sejong ini ada pintu masuk ke museum Sejong Iyagi atau The Story of King Sejong. Cerita beliau dari masih kecil sampai beliau meninggal sampai cerita gimana beliau menciptakan hangeul atau huruf Korea yang kita kenal sekarang. Karena sebelumnya Korea juga menggunakan aksara Cina.

DSCN0219

Pic of King Sejong inside the museum

Pic of King Sejong inside the museum

Beberapa diorama didalam museum

DSCN0233

DSCN0234

DSCN0235

Beberapa diorama didalam museum

Keluar dari museum kita langsung ke bagian depan patung Raja Sejong. Yang pernah liat EXO showtime, ini tempat Chinese members waktu itu ketemuan sama D.O & Baekhyun sebelum ke Namsan Tower. Disini cuma bisa foto-foto aja sih. Tempatnya semacam alun-alun gitu deh. Kalo yang mau langsung kesini bisa naik subway line 5 exit 2. Langsung keluar didepan patungnya Raja Sejong.

King Sejong

King Sejong

Gak jauh dari situ ada juga patung Admiral Yi Sunshin. Jenderal Yi Sunshin ini jenderal yang bikin Turtle Ship yang konon keren banget itu dan bisa ngalahin Jepang waktu itu.

The Admiral Yi Sunshin

The Admiral Yi Sunshin

Setelah puas foto-foto disini kita langsung meuju Cheonggyecheon stream, (asli susah banget namanya). Tempat ini dulunya cuma saluran air biasa macem irigasi di kita wkwkwk tapi semenjak tahun 2005 di benerin sama pemerintah korea dan jadi keren banget kek sekarang. Disini ada tempat buat ngelempar koin yang konon katanya kalo berhasil masuk konon katanya permintaan kita bakal terkabul. Disini biasanya malam-malam banyak yang ngerendem kaki sambil pacalan :p tapi berhubung sekarang udaranya udah dingin gak ada yang berani rendem-rendem kaki kecuali kelewat stress mungkin :p.

20151015_130557

20151015_130451

20151015_130645

2b5f147340df20cbabb6123dfc795595[1]

Ini anak-anak sekolah ini lagi coba ngelempar koin ke tempat bulat diujung gambar. Sorry gw gak fokus ambil gambarnya T.T

Ini anak-anak sekolah ini lagi coba ngelempar koin ke tempat bulat diujung gambar. Sorry gw gak fokus ambil gambarnya T.T

Dari sini kita masih lanjut lagi dan kali ini kita menuju Myeongdong. Kalo dari Gyeongbok sampe Cheonggyecheon tadi kita jalan kaki terus kalo buat ke Myeongdong ini kita naik subway lagi transfer-transfer ke le line 4 (Cara buat baca peta subway nanti gw kasih tau di postingan lain).  Myeongdong ini pusatnya kalo mau beli kosmetik-kosmetik Korea. Beuh,, bejibun toko-toko kosmetik. Gw kalap aja dong belanja disini, banyak titipan pula ><. Masing-masing brand bisa punya lebih dari satu toko di Myeongdong ini. Jadi kalo produk yang kamu cari gak ada di satu toko gak usah khawatir pasti ada di toko yang satunya atau duanya atau tiganya lagi :D. Dan banyak yang nawarin gratisan juga tapi dengan syarat masuk dan belanja dulu haha,, gw sempet ditawarin masker innisfree gratis trus disuruh window shopping ama eonni-nya pas gw bilang later diambil lagi maskernya ama dia wkwkwk,, yasudahlah ya soalnya itu gw udah kalap belanja di etude ><.

Myeongdong

Terus karena daritadi belum makan siang, akhirnya gw mutusin buat makan disini. Setelah muter-muter gak jelas karena gak tau restoran mana yang halal dan enak gw sama temen gw mutusin buat makan kimbap. Tempatnya nyempil dideket innisfree (yakali innisfree yang mana? Orang innisfree store banyak banget disini haha). Disini dikasih kimbap kecil-kecil, radish kimchi sama octopus semur (abis gw gak tau namanya wkwk). Mau nanya ahjumma yang di tokonya males, ahjumma-ahjumma di Korea emang terkenal jutek plus galak jadi gausah baper kalo dijutekin ahjumma-ahjumma disini. Beda lagi kalo halmeoni (nenek-nenek) disini ramah-ramah banget. Beberapa kali di subway diajak ngobrol dan ditanya-tanya. Kebanyakan sih penasaran karena ada temen gw yang pake hijab. Untung sering nonton drama Korea lumayan lah kemampuan bahasa Korea tarzan gw wkwkwkwk.

Harganya 7000 won lumayan juga sih wkwk tapi enyaakk bangeettt

Harganya 7000 won lumayan juga sih wkwk tapi enyaakk bangeettt

Di Myeongdong dikasih waktu satu setengah jam gak ada puas-puasnya dan gw bertekad buat balik lagi! Kita buru-buru cabut soalnya ngejar masih ada dua itinerary lagi hari ini. Dari sini kita menuju Itaewon. Itaewon itu pusatnya orang asing kumpul kalo di Korea dan disini ada masjid dan Islamic center terbesar di Korea. Sekalian shalat Ashar dulu. Dari Myeongdong kita ke Chungmuro station dulu buat transfer ke line 3 turun di Yaksu station transfer lagi ke line 6 yang menuju Itaewon. Ini perjuangan banget sih buat ke masjid ini soalnya berasa lagi hiking jalannya nanjak banget T.T ditambah daritadi kita jalan terus hiks..hiks..

Di Itaewon ini banyak restoran makanan halal, kebanyakan sih masakan Turki sama India. Tapi gw gak makan disini sih jadi gak bisa rekomen mana restoran yang enak. Setelah perjuangan panjang dan melelahkan akhirnya kita sampai di masjidnya. Buat cewek tempat shalatnya ada di lantai 3. Perjuangan lagi buat naik, dan sebelnya setelah berhasil sampai atas eh taunya tempat wudhunya ada dibawah ><. Tempat wudhunya ada di bagian belakang masjid, jadi lumayan misah dari masjidnya.

Bagian depan masjid

Bagian depan masjid

Masjidnya bersih dan rapi. Sempet ketemu ada dua anak muda Korea yang abis shalat. Lumayan kaget juga hehe. Soalnya kalo liat orang Korea lain mereka biasanya cuma emang lagi wisata gitu ada sempet nguping yang bertanya-tanya ngapain aja orang Islam didalem masjid 😀

Nah,,,, apakah perjalanan hari kedua gw berakhir? Beluuummmm hahaha,, Kita masih akan ke Namsan Seoul Tower!! Dan ini another hiking wkwkwk

Dari Itaewon ini kita naik bus buat sampai ke N Tower tapi gw lupa rute busnya :p. Setelah sampai di Namsan Seoul Tower ini kita udah siapin napas lagi buat nanjak. Sebenarnya bisa sih naik cable car buat sampai ke atas tapi kita pilih jalan kaki biar kek orang bener dan was wes wos napas kita akhirnya hahaha. Tapi serius deh kebayar pas udah sampe atas gak sia-sia nanjak-nanjak tadi.

mtf_pFXHy_285.jpg[1]

Namsan Seoul Tower

Tiket masuknya 9000 won buat dewasa dan 7000 won buat anak-anak. Dari situ kita naik keatas menggunakan lift yang ada pertunjukan planet-planetnya itu loh. Setelah sampai observatory floor penuh banget orang dan ada toko souvenir. Harganya sih masih lebih murah di Insadong sih hehe. Tapi gw beli kartu pos disini. Lucu-lucu designnya soalnya. Terus ada corner namanya Love N Letter. Disini kalian bisa tulis surat dan kirim ke belahan dunia manapun. Syaratnya cuma cukup beli kartu pos seharga 1000-5000 won + perangko senilai 400 won. Bisa langsung dimasukin ke kotak pos yang ada disitu dan menurut mbak-mbak yang gw tanya dia jamin suratnya bakal sampe ke belahan dunia manapun. Gw sempet galau nih mau kirim surat juga tapi gak yakin mau buat siapa hahaha akhirnya gw simpen aja kartu posnya :D.

Love N Letter Corner

Love N Letter Corner

Pemandangan dari dalam observatory

Pemandangan dari dalam observatory

Abis itu gw turun lagi kebawah buat ke tempat gembok-gembok cinta yang terkenal itu. Dijamin baper buat yang single, karenaaa hampir semuanya couple dan mereka cuek aja ppoppo ppoppo depan muka lu hahaha. Gandengan mah mainstream di jalanan di subway di cafe juga banyak yang peluk-pelukan wkwkwk. Disini upgrade lah ya mereka kisseu kisseu ==”

Locks of Love

Locks of Love

Duh ini cowo-cowo Korea emang rajanya buat so sweet so sweet-an. Bisa banget bikin baper anak cewe. Karena Namsan ini di gunung lokasinya udara malam itu dingin banget anginnya kenceng beuh berasa pengen meluk mas-mas Korea yang lagi lewat hahaha

Setelah kurang lebih 2 jam kita mutusin buat balik ke guesthouse. Perjuangan belum selesai soalnya guesthouse jauh dari situ ngebayangin jalan dari stasiun aja masih panjang perjalanan wkwkwk. Gimana gak ambisius coba dalam satu hari 6 tempat kita datengin. Ya walaupun masih di Seoul tapi semua dicapai pake jalan kaki lumayan gempor dan koyo udah ngedadahin dari guesthouse :p. Doain gak tepar hari ketiga yak. ^o^

See you on Day 3 ^o^

Advertisements

2 thoughts on “Korea 1st Timer – Jalan-jalan ke Korea a la Botih (Day 2) —Gyeongbok Palace, Gwanghwamun Square, Cheonggyecheon Stream, Myeongdong, Itaewon, Namsan Seoul Tower—

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s