Gives Back What You Get

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Temans, dua hari ini hati saya kembali terisi setelah beberapa lama kosong. Sudah beberapa lama saya merasa haus ilmu baru, merasa perlu teman baru, dan tantangan baru. Saya butuh trigger untuk membawa saya kembali ke titik dimana saya kembali bersemangat.
Sering saya bercerita kepada teman terdekat bahwa saya merasakan kosong didalam diri saya. Padahal teman banyak, keluarga banyak dan gak sedikit yang care juga. Tapi koq kenapa saya merasa “kosong” terus ya? Sampai-sampai sempat terpikir untuk menemui psikolog :?.

Ketika sedang kalut-kalutnya saya memutuskan untuk mencari kesibukan baru. Awalnya sih dengan niat supaya ada yang dikerjakan selain kerja dan kerja dan kerja jadi mengurangi waktu galau 😂. Terutama pas weekend.

Until one day, I found SERAMBI INSPIRASI yaitu suatu organisasi dimana fokusnya adalah memberi tambahan pendidikan untuk adik-adik yang kurang betuntung di daerah Bantar Gebang. SI ini berada dibawah naungan DOMPET DHUAFA VOLUNTEER. Awalnya gak yakin sih, karena untuk jadi relawan yang harus dipastikan adalah komitmen kuat untuk memberi dengan ikhlas. Bukan hanya merelakan sedikit materi yang kita punya, tapi juga waktu pikiran dan juga cinta.

Baru dua hari saya bergabung dengan SI dan saya sudah merasakan efek hangatnya. Saya mendapat tidak cuma satu atau dua, tapi banyak teman baru, keluarga baru. Bertemu orang baru memacu semangat saya lagi. Saya merasa menemukan diri saya lagi. Berkenalan mengenal kakak-kakak inspirator lain lebih dekat. Mengetahui bahwa mereka semua hebat, merelakan waktu luangnya demi adik-adik. Padahal mereka bukan manusia-manusia luang yang bisa bersantai-santai dengan sekedar bangun siang ketika akhir minggu tiba.

Disitu saya merasa ditampar, keras sekali! Mereka yang jauh lebih hebat dari saya, jauh lebih sibuk dari saya, jauh lebih punya dari saya, tapi mereka jauh lebih rendah hati dari saya. Selama ini apa yang saya sombongkan? Sementara saya ada ditempat terdekat dengan mereka adik-adik yang membutuhkan. Mereka yang jauh diatas saya saja bisa melihat ke bawah sana tempat banyak orang jauh lebih menderita dari saya. Saya yang habya berjarak satu jengkal dari mereka pura-pura tidak tahu.

Malu? Pasti.
Saya sadar kenapa mereka bisa diatas sana, kenapa mereka bisa menjadi sehebat itu, kenapa mereka bisa sebesar sekarang. Karena mereka memberi lebih dari apa yang mereka dapat. Mereka tidak malu turun kebawah. Mereka tidak takut memberi lebih. Mereka tahu bahwa Alloh SWT maha adil. Bahwa siapa memberi lebih akan diganjar dengan yang lebih banyak itu benar.

Bahwa sesungguhnya adik-adik disana tidak membutuhkan bantuan sekedar materi. Ada yang jauh lebih berharga. Kehadiran kita yang peduli dan berani menjaga mereka untuk berani bercita-cita. Bahwa mereka juga bisa menjadi pintar, bahwa mereka juga berhak bermain bersama temannya. Bahwa nilai-nilai dasar menjadi anak-anak adalah menkadi bahagia. Bahwa tekanan hidup yang mereka alami adalah bukan apa-apa jika mereka berani bangkit dan kembali berusaha.

Semoga tulisan ini tidak dianggap riya’, karena sesungguhnya saya hanya ingin semua teman-teman, kakak-kakak tahu apa yang disampaikan dari hati akan sampai ke hati juga. Mari memberi lebih, dimulai dari diri kita, dimulai sekarang!
Semangat menginspirasi!!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ratih Yuniarti

Leave a Reply

